Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan (BBGTK) Provinsi Sumatera Utara Berkolaborasi bersama Di...

Membangun Nias Barat dari Pondasi Pendidikan: Inovasi Digitalisasi Menuju Daerah yang Maju
Kabupaten Nias Barat dikenal sebagai salah satu daerah yang masih berstatus tertinggal di Indonesia. Namun, semangat perubahan dan komitmen untuk maju terus ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat, terutama melalui sektor pendidikan. Pemerintah meyakini bahwa kemajuan daerah hanya dapat dicapai apabila pondasi pendidikannya kuat dan berkualitas.
Sebagai langkah nyata, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat terus melakukan berbagai inovasi, salah satunya melalui digitalisasi sistem pendidikan yang terpusat. Inovasi ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan tata kelola pendidikan yang transparan, akuntabel, dan mudah diakses oleh masyarakat.
Kini, masyarakat — khususnya orang tua siswa — dapat memantau kehadiran guru dan tingkat keaktifan sekolah secara daring (online) melalui laman resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat. Melalui fitur ini, publik dapat melihat sejauh mana komitmen para pendidik dalam memberikan pelayanan belajar kepada anak-anak di seluruh wilayah Nias Barat.
Cara Melihat Keaktifan Kehadiran Guru:
-
Buka situs resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat di: www.disdik.niasbaratkab.go.id
-
Pilih menu PUBLIKASI → kehadiran Guru, atau langsung akses melalui tautan: https://disdik.niasbaratkab.go.id/dev/data_pendidikan/keaktifan_sekolah
-
Pilih jenjang SD atau SMP, lalu tentukan rentang tanggal kehadiran yang ingin dilihat.
Sistem akan menampilkan data kehadiran guru dan tingkat keaktifan sekolah secara real-time di urutkan dari sekolah yang paling aktif.
Melalui sistem digital yang transparan ini, diharapkan para guru semakin termotivasi untuk hadir dan memberikan pengajaran terbaik bagi peserta didik. Dengan demikian, siswa akan mendapatkan layanan pendidikan yang optimal, dan perlahan namun pasti, Nias Barat akan bangkit menuju daerah yang maju melalui kekuatan pendidikan.
Langkah ini menjadi pondasi bagi daerah untuk terus meningkatkan kwalitas pendidikan yang sudah berbasis data sehingga kebijakan yang diambil bukan lagi berdasar asumsi namun analisa data.
cq:Admin
0 Komentar